Wednesday, March 26, 2008

Tips membagi waktu

Udah bukan rahasia lagi kalo kerjaan auditor hanya sedikit lebih baik dari kerjaan romusha jaman penjajahan jepang dulu. Disaat orang2 pada umumnya udah pulang ke rumah, auditor masih kerja di kantor. Disaat orang2 sedang tertidur pulas, auditor masih kerja di kantor. Even, disaat orang2 udah mulai bangun lagi keesokan harinya, beberapa auditor masih kerja di kantor. Beberapa kali saya mendapati baju teman sekantor masih sama dengan baju yg dipake kemarin. Dengan wajah lesu, rambut sedikit kribo, kantung mata segede2 umat, mereka masih asyik (baca: kepaksa) di depan laptop waktu saya datang ke kantor jam 7 pagi.

Beberapa kali, saya ada di posisi mereka.


Membagi waktu menjadi sebuah kata2 ajaib. Terkadang membagi waktu seperti membelah jeruk dengan buah pisang (gak usah dibayangin deh). Tapi memang, membagi waktu menjadi sangat sulit.

Bekerja sampai larut malam sering kali disebabkan banyaknya hal-hal remeh temeh yang bikin kerjaan kita jadi gak efektif. Berikut adalah remeh-temeh yang gak penting yang sebaiknya kita hindari selama bekerja:

1. Ambil minuman di pantry
Usahakan cukup sehari sekali aja ambim minuman di pantry. Bawa aja teko segede umat dari rumah dengan kapasitas 5 liter (bisa lebih) untuk memastikan kita gak perlu bolak balik ke pantry

2. Toilet
Kalo diitung-itung sekali ke toilet bisa sekitar 3 menitan. Kalo bolak balik sepuluh kali sehari, bisa ngabisin 30 menit. Lumayan. Tips: gunakan pispot.

3. Ngobrol sama temen
Kegiatan ini bisa bikin kerjaan gak efisien banget. Hindari. Tapi kalo kita jutek, pasti kita gak punya temen di kantor. Tips: pake koyo di pipi. Pura-pura sakit gigi.

4. Mencari udara segar
Ini dia yang bikin kerjaan terhenti beberapa waktu. Tapi kadang kita rasa emang butuh juga kan udara segar kalo pikiran udah nek banget. Tips: beli oksigen di apotik. Menghirup udara segar cukup dari meja kantor kamu.

5. Makan siang
Makan siang bisa ngabisin waktu sampe sejam ato lebih kalo kita makan siangnya di mall tertentu. Bawa makan siang ato titip sama OB? Sama aja. Tetep ada waktu makan di meja kan? Tips jitu: puasa. Jadi gak perlu makan siang. Hemat lagi.

Sekian tipsnya. Nanti disambung lagi

No comments: