Thursday, November 06, 2008

Raka Adamantino Setiawan (part 1)

Nama adalah doa. Saya berpikir cukup lama ketika memikirkan nama yang akan saya berikan untuk anak pertama saya. Nama itu harus cukup enak didengar, tidak kampungan, tidak juga ke-bule2-an, tidak juga ke-arab2-an. Saya memang seorang muslim, tapi bagi saya itu tidak harus berarti arab. Tuhan mengerti doa dari segala macam bahasa. Saya tidak sanggup untuk memberikan nama Muhammad untuk anak saya. Saya khawatir nama itu terlalu berat untuk disandangnya.
Saya suka nama yang berbau indonesia, karena walau bagaimana pun dari situ dia berasal. Setelah bertanya kesana-sini, mencari-cari di buku-buku nama Islam, bahkan membuka-buka kamus bahasa Inggris, diakhiri dengan diskusi alot bersama istri, akhirnya saya memberikan nama Raka Adamantino Setiawan untuk sang anak. Panggilannya Raka.
.
Raka artinya kakak laki-laki. Itu adalah doa agar dia mempunyai Rai (adik) karena kami ingin memiliki anak lebih dari satu. Diambil dari bahasa sunda. Karena saya ingin Raka tidak lupa asal usulnya, terutama asal usul ayahnya. hehe. Sudah otomatis, bila Raka mempunyai adik laki2, maka saya akan memberi nama depan nya Rai. Pas kan, Rai Raka, artinya kakak beradik (bahasa sunda). Kalau nanti perempuan, akan saya beri nama Rayna, artinya adiknya. Sunda pisan ya? ;) Ini juga semacam pengingat untuk Raka agar dia ingat bahwa dia adalah anak pertama, sang kakak, yang tentunya akan diberi tanggung jawab yang lebih dalam keluarga.
.
Adamantino. Setelah elemen lokal ada dibarisan depan, maka saya ingin nama tengahnya berbau international. Saya ambil adamantino dari kamus bahasa inggris, dari kata adamantine. Adamantine adalah kata yang ada dalam bahasa inggris klasik/poetic, yang artinya invincible, unbreakable. Adamantine juga berasal dari kata adamant yang berarti "a legendary rock associated at times with both diamond and loadstones. Word used to denote the hardest material or stone, hence diamond. Adamantine juga dipakai oleh komik marvel (X-Men) untuk menggambarkan logam terkeras dimuka bumi yang membungkus tulang Wolverine (adamantium), karenanya digambarkan wolverine adalah hero terkuat diantara heroes X-Men yang lain. Adamantino adalah doa saya untuk Raka agar kelak dia mempunyai sifat yang kuat,yang keras sekeras batu intan, yang tegar, yang tidak mudah menyerah menghadapi tantangan-tantangan kehidupan, yang selalu bangkit berdiri apabila terpukul jatuh.
.
Setiawan, nama belakang, adalah nama keluarga. Nama ayah saya, menjadi nama belakang saya dan adik-adik saya, menjadi nama belakang anak saya. Ini juga semacam pengingat untuk Raka bahwa segala yang dia lakukan, itu berimbas juga untuk keluarga. Pengingat bahwa didalam namanya ada nama saya, di dalam darahnya, ada darah saya.
.
Nama adalah doa. Semoga doa saya ini dikabulkan oleh Yang Maha Mengabulkan Doa. Amin

No comments: