Friday, April 20, 2007

Antara kerja & minat baca


Tadi malam gw pergi ke Gramedia Semanggi dan untuk pertama kali nya semenjak gw mulai bekerja, gw merasakan perasaan yg selalu gw alami setiap kali gw pergi ke gramed waktu jaman kuliah. Perasaan lapar dan antusias yg membuncah (gile bahasa gw!!). Seperti seorang anak kecil yg diajak ke toko mainan. Dulu waktu setiap kali pergi ke gramedia, bawannya semua buku pengen dibeli. Betaaaaahhhhh banget rasanya jalan2 di gramed. Tapi apatah daya, uang jajan dari ibu gak seberapa. Seringkali gw ke gramed cuman untuk liat2 aja ada buku baru atau gak. Kalo ada, gua catat judul & harganya trus pergi ke palasari biar bisa dengan harga miring. Kadang2 kalo lagi gak punya duit sama sekali, dengan pergi ke gramed nya aja, ngeliat hamparan buku, udah damai rasanya jiwa (Huhuyy..).
Tapi emang waktu jaman kuliah minat baca gw lumayan tinggi. Gw lebih demen baca buku daripada maen game. Hehe. Orang aneh. Tapi daripada baca buku gw lebih cuka pacaran. Normal.
Macem2 buku yg suka gw baca. Tapi waktu kuliah sih banyaknya buku self-help, psikologi praktis, sama leadership. Maklum, masih jadi aktifis himpunan. Buku accounting sih gw gak suka. Gak rame. Isinya angka semua. Makanya masalah accounting gw bodoh banget. Gw jg kadang2 baca2 buku agama juga, kebanyakan sih terbitan paramadina, berusaha menjawab pertanyaan dan keraguan dalam hati. Gw menjadikan buku sebagai tempat bertanya dari hampir semua pertanyaan dalam hidup gw. Sampai2 kalimat yg sering banget gw bilang adalah, "Saya pernah baca...". Hahaha.
Itu waktu kuliah.
Semenjak kerja, minat baca rasanya rendah banget, kalo gak ilang sama sekali. Liat buku aja udah nek. Pergi ke gramedia bosan, gak betah. Gak minat sama buku. Maksain beli buku, gak dibaca. Gak tau kenapa. Mungkin setelah kerja seharian, otak udah mati rasa kali ya. Atau mungkin karena setelah kerja gw mulai melihat realitas yg seringkali gak sama dg teori di buku. I don't know. Tapi yg jelas sindrom kayak gini bukan hanya terjadi sama gw aja. Temen2 kuliah gw juga ternyata banyak yg ngerasain sindrom yg sama: sindrom-semenjak-kerja-minat-baca-berkurang.
Makanya pas kemaren gw ke gramed, gw kaget sama diri gw sendiri. Tumben2nya. Yah, mudah2an aja antusiasme itu datangnya gak cuman sekali ini. Soalnya gw ngerasa otak gw yg bodoh ini rasanya semakin bodoh aja semenjak kerja dan gak pernah baca buku lagi.

No comments: