Wednesday, April 18, 2007

Tukul

Tukul Arwana.

Siapa yg gak kenal dia sekarang. Gw denger2 dari temen, bayaran tukul sekali tayang itu 20 juta. Kalo seminggu ada 5 kali tayang, dan sebulan ada 4 minggu, berarti penghasilan tukul per bulannya adalah 20x5x4 = 400 juta!!!
Itu baru bayaran dari empat mata. Belum dari iklan. Belum dari yang lainnya.
Penghasilan Tukul lebih gede dari gaji partner di KAP tempat gw kerja. Gila. Padahal supaya bisa jadi partner bukan perjuangan mudah. Seringkali harus mengorbankan waktu buat keluarga dan diri sendiri buat kerja.

Kenapa Tukul bisa sukses?
Gw juga gak tau sih. Gw gak ngikutin juga perjuangan dia dari awal. Yg jelas hampir semua orang sepakat kalo Tukul emang lucu. Gw juga sepakat kalo Tukul emang lucu. Hampir setiap malam, kalo sempat, acara empat mata - nya Tukul gw tonton. Tapi yg jelas menurut gw, Tukul bukan hanya lucu, dia hebat. Kenapa hebat? Karena dia pintar menjual diri. Dia bisa menjual diri even dia gak punya sesuatu yg special. Tampangnya jelek, dia jual tapang jeleknya. Bahasa inggrisnya pas-pasan, ya dia jual bahasa inggrisnya yg pas-pasan itu. Dia dari kampung, ya dia jual ke-kampung-annya itu. Hebat kan?!
Selama ini yg gw tau, orang hanya akan menjual apa yg dia punya. Kalo orang ganteng, ya dia bakal jual tampang gantengnya. Kalo orang pinter, ya dia bakal jual otak pinternya. Kalo ganteng gak, pinter gak, ya apa boleh buat. Hehe.
Gw juga gak yakin Tukul bakal bertahan lama. Suatu saat, apalagi acara empat matanya digeber senen-jumat, orang bakal bosan. Itu gw rasa udah lumrah di dunia entertainment. Dan Tukul juga sadar akan hal itu. Makanya sekarang mumpung masih laku dia abis2an.

Eniwei, salut buat Tukul. Harus banyak belajar dari dia. Mungkin bukan belajar ngelucunya, tapi belajar gimana caranya ngejual diri kita dan yakin bahwa kita punya potensi u/sukses even saat diri kita gak punya sesuatu yg special.

No comments: