Monday, July 10, 2006

menulis cerpen

ternyata menulis cerpen itu susah saudara-saudara sekalian!
yang pasti, menurut gua, menulis cerpen itu lebih susah daripada mengupil.
mengapa?
karena menulis cerpen membutuhkan lebih dari satu jari. it's 4 sure!! dan yang pasti menulis cerpen membutuhkan waktu yang lebih lama daripada mengupil, terkecuali kalo 'the thing' yg kita cari itu bersembunyi di lubang terdalam. in that case, mungkin kesulitan mengupil bisa naik satu level. tapi secara general, menulis cerpen masih menang.

walopun mengupil dan menulis cerpen adalah dua buah kegiatan yg berbeda, kita bisa melakukan keduanya sekaligus. ketika kita mengupil, kita bisa sambil berimajinasi, memikirkan cerita yg bakal kita tulis di cerpen. ini salah satu pelajaran yg gua ambil dari "7 habits of highly efficient people". 'prinsip nomor satu = 'manfaatkan waktu anda se-efisien mungkin'. mengupil sambil berimajinasi adalah salah satu tips yg bisa yg gua implementasikan dalam dunia nyata. selain waktu menjadi lebih efisien, kenikmatan yg diperoleh juga double!

eniwei, menulis cerpen itu mengasyikkan. membiarkan otak kanan kita bekerja, menerbangkan imajinasi kita sampai ke langit ke tujuh, mengeksplore dunia yg belum kita sentuh dan mungkin takkan pernah. namanya juga imajinasi. di tengah dunia yg didominasi otak kiri, berimajinasi yg notabene full menggunakan otak kanan bisa amat mengasyikkan.
ketika kita menulis cerpen, kita membentuk sebuah atau dua buah tokoh, menamai tokoh2 itu, kita membuat dunia&waktu yg menjadi settingnya, kita menentukan apa yg terjadi pada tokoh itu, dan bagaimana akhirnya cerita itu. berasa jadi dewa gak sih?

belum lagi saat kita berbagi cerita itu sama orang laen dan tau bahwa orang2 menikmati khayalan kita itu. tersenyum, tertawa, dan tersentuh. mantabb rasanya. ;p

eniwei, u/ killing time & melatih otak kanan, menulis cerpen bisa jadi satu alternatif (selain mengupil tentunya).

1 comment:

Anonymous said...

bravo arbee...

meskipun nulis cerpen itu susah, lo ga mengalami kesulitan in writing sumthing, ga kaya gw, hiks.. hiks..

terus nulis ya bi, biar gw ada bacaan when i have nothing to do.. hehe...